FPTC (Pusat Pelatihan dan Produksi Pangan)

Teknologi Hasil Pertanian

FPTC merupakan pusat pelatihan dan produksi pangan yang terdiri dari Unit Produksi Roti serta Unit Pelatihan dan Produk Pangan Fungsional. Unit Produksi adalah unit yang menghasilkan produk roti dan makanan fungsional dimaksudkan untuk masyarakat umum. Unit Pelatihan terdiri dari Divisi Peningkatan Kompetensi Mahasiswa dan Divisi Teknologi Pangan.

Divisi Peningkatan Kompetensi Mahasiswa bertujuan untuk meningkatkan keterampilan teknis baik dari mahasiswa Universitas Brawijaya sendiri dan mahasiswa dari luar Universitas Brawijaya.

Divisi Teknologi Pangan merupakan pusat pelatihan yang didedikasikan untuk industri makanan, besar, menengah dan kecil (UKM), serta masyarakat umum.

Teknologi Pangan Pelatihan ditujukan untuk industri besar, usaha mikro-menengah (UKM), dan masyarakat umum. Pelatihan ini terdiri dari:

  1. Pelatihan Produk Bakery meliputi berbagai variasi roti (roti manis, roti lembut, tinggi serat, roti labu, dll), berbagai variasi dalam kue, biskuit, crackers, pizza, berbagai brownies, berbagai muffin, dll .
  2. Pelatihan untuk pelatihan Industri meliputi penentuan umur simpan produk makanan (umur simpan), HACCP, ISO, GMP, pengujian sensorik, mikrobiologi, dan ahli lain dan bidang master trainer.
  3. Pelatihan Teknologi Tepat Guna. Paket teknologi yang ditawarkan oleh teknologi fungsional pengolahan es krim, nugget sayur, berbagai rasa susu kedelai, produk makanan fermentasi, VCO, jelly drink, instan cincau bubuk, dll.

 

Visi Misi Food Production and Training Center (FPTC) :

Visi 

Menjadikan pusat produksi dan pelatihan pangan dan hasil pertanian bagi mahasiswa, masyarakat dan wirausahawan pangan

Misi

  1. Menyediakan produk olahan pangan dan hasil pertanian unggul hasil pengembangan riset untuk mendorong penyediaan produk pangan yang kompetitif
  2. Menyelenggarakan progam pelatihan dan pelayanan jasa konsultasi olahan pangan dan hasil pertanian bagi masyarakat dalam rangka mendorong perkembangan agroindustri pangan.

Tujuan

  1. Menghasilkan produk olahan pangan dan hasil pertanian yang berkualitas, bergizi, sehat, dan aman sebagai aplikasi penerapan riset di bidang ilmu dan teknologi pangan.
  2. Menghasilkan sumber daya manusia yang mempunyai nilai tambah di bidang ilmu dan teknologi pangan sehingga dapat mendukung perkembangan agroindustri pangan yang kompetitif

Motto

Happiness starts here

Janji/Maklumat Pelayanan

  1. Kami ada untuk melayani Anda (We are here to serve You)
  2. Kepuasan Anda kebanggaan Kami (Your satisfaction is Our concern)
  3. Melayani Anda dengan sepenuh hati (We serve You with Our heart)

Etika Pelayanan

  1. Mengawali senyum, salam, sapa
  2. Bersikap sopan santun terhadap pengguna jasa layanan
  3. Tidak semena-mena kepada pengguna jasa layanan
  4. Tidak dibenarkan dalam memberikan pelayanan sambil merokok atau sambil berkomunikasi dengan handphone atau alat komunikasi lainnya

 

Standard Operation Procedure FPTC :

  1. Manual Prosedur-Kegiatan Proses Produksi FPTC
  2. Manual Prosedur-Konsinyasi Produk Makanan atau Minuman di FPTC
  3. Manual Prosedur-Pelayanan Jasa Pelatihan FPTC
  4. Manual Prosedur-Pelayanan Penelitian Mahasiswa di FPTC
  5. Manual Prosedur-Pembelian Produk Secara Langsung FPTC
  6. Manual Prosedur-Pemesanan Bahan Baku Produksi di FPTC
  7. Manual Prosedur-Pemesanan Produk FPTC
  8. Manual Prosedur-Penanganan Keluhan Pelanggan FPTC
  9. Manual Prosedur-Penerimaan Bahan Baku Produksi di FPTC
  10. Manual Prosedur-Penerimaan Magang Mahasiswa dan Praktek Kerja Industri Siswa SMK

fptc

 

  

View Fullscreen