Sambutan Ketua Jurusan

Saat ini dunia dihadapkan oleh beberapa masalah yang  pelik antara lain krisis pangan dan kekurangan gizi, krisis energi serta krisis lingkungan. Fenomena krisis pangan dan kekurangan gizi banyak kita amati terutama di belahan bumi negara-negara berkembang. Demikian juga krisis energi semakin terasa dimana kita terus-menerus berpacu mengkonsumsi energi tak terbarukan karena dampak dari lonjakan jumlah penduduk yang luar biasa. Ditambah lagi kurangnya rasa tanggung jawab terhadap lingkungan sehingga menjadikan suramnya kualitas lingkungan.

Kami percaya bahwa kekuatan dan masa depan suatu bangsa tergantung sepenuhnya pada kualitas sumber daya manusia (SDM). Dalam hal ini, Institusi pendidikan memiliki peran yang sangat vital dalam mencetak SDM yang berkualitas.  Untuk itu, Jurusan Teknologi Hasil Pertanian (THP) sebagai pusat pengembangan ilmu dan pusat penelitian memiliki misi untuk menciptakan lulusan atau SDM yang berkompeten di bidang ilmunya, inovatif, kreatif serta memiliki rasa tanggung jawab sosial yang tinggi. Dengan didukung SDM yang handal dan komitmen yang tinggi, Jurusan THP yang meliputi Program S1 yang terdiri dari PS ITP dan Bioteknologi Industri, Program S2 dengan ke-3 minatnya yaitu Ilmu dan Teknologi Pangan, Bioteknologi Pangan & Agroindustri dan Nutrisi Pangan akan mampu berkontribusi dalam menangani krisis global serta memajukan bangsa.

Pengembangan teknologi yang inovatif akan terus kami tingkatkan dengan memperkuat penelitian (academic research) baik di bidang pangan maupun non pangan. Untuk itu, kerjasama yang kuat (robust collaboration) dengan berbagai pihak akan terus kami kembangkan.

Dengan prestasi yang semakin gemilang baik di tingkat nasional maupun internasional, Jurusan THP dengan penuh semangat akan semakin terus melaju dalam melangkah. Kami mengajak kepada seluruh anggota Jurusan THP bersama-sama bergandeng tangan meraih yang terbaik untuk dapat memberikan yang terbaik kepada bangsa Indonesia tercinta. Do the Best and be the Best!

Salam Hangat,

Ketua Jurusan Teknologi Hasil Pertanian – FTP UB

A

A

Teti Estiasih