Sejarah

Sejarah THP dimulai saat dibukanya Departemen Teknologi Hasil Pertanian di lingkungan Fakultas Pertanian (FP), Universitas Brawijaya (UB) pada tahun 1975. Pendirian Departemen ini dimaksudkan untuk mengembangkan disiplin ilmu yang berkaitan dengan penanganan pasca panen hasil pertanian. Berdasarkan SK Mendikbud RI Nomor: 0211/U/1982, sejak tahun 1982 secara resmi lembaga ini ditetapkan sebagai salah satu jurusan dibawah FP-UB, membawahi program studi (PS) THP dan minat studi (MS) Mekanisasi Pertanian. Pada tahun 1984, berdasarkan SK Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Dirjen Dikti Depdikbud RI) Nomor: 118/DIKTI/Lap/84, nama jurusan THP diubah menjadi Jurusan TP yang mengelola dua PS, yaitu PSTeknologi Hasil Pertanian (THP) dan PS Mekanisasi Pertanian (MP).

Selama kurun waktu 22 tahun, mulai 1975 sampai 1997, Jurusan TP  berada dibawah pengelolaan Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya (FP-UB). Pada tanggal 26 Januari 1998 Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya (FTP-UB) berdiri secara resmidengan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Mendikbud RI) Nomor : 012a/O/1998. FTP membawahi 3 jurusan yaitu jurusan Teknologi Hasil Pertanian, Teknik Hasil Pertanian dan Teknologi Industri Pertanian.

Jurusan Teknologi Hasil Pertanian memiliki 1 PS S-1 yaitu PS Ilmu dan Teknologi Pangan (ITP) yang membawahi 3 Minat Studiyaitu Teknologi Pengolahan Pangan,  Nutrisi Pangan dan Bioteknologi Industri.  Satu program Magister, yaitu S-2 Teknologi Hasil Pertanian (THP) dengan 3 minat yaitu Teknologi Pengolahan Pangan, Nutrisi Pangan dan Bioteknologi Pangan dan Agroindustri.Sementara ini telah ada program Doktoral dalam bentuk Minat Studi Teknologi Hasil Pertanian namun pengelolaanya masih berada di bawah Program Doktor Ilmu-ilmu Pertanian, Fakultas Pertanian, Universitas Brawijaya.

Jurusan Teknologi Hasil Pertanian mengelola beberapa laboratorium yaitu Laboratorium Kimia dan Biokimia Pangan dan Hasil Pertanian, Laboratorium Pengolahan dan Rekayasa Proses Pangan dan Hasil Pertanian, Laboratorium Mikrobiologi Pangan dan Hasil Pertanian, Laboratorium Nutrisi Pangan dan Hasil Pertanian, Laboratorium Bioteknologi Industri Pangan dan Hasil Pertanian dan Laboratorium Sensori.

Dalam hal penyelenggaraan kelembagaan serta pengelolaan Jurusan, Program Studi, dan Laboratorium yang ada,  THP UB telah mengikuti statuta Universitas Brawijaya sesuai Surat Keputusan Mendikbud RI Nomor: 0444/O/1992. Program S-1 dan S-2 di Jurusan THP telah mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT. Bahkan PS S-1 ITP sudah mendapatkan akreditasi internasional dari Institute of Food Technologists (IFT), US sejak 2012.