KEGIATAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT OLEH DOSEN JURUSAN THP - FTP UB DI HOME INDUSTRY SAMBAL PECEL MBAK ESTI KOTA MALANG

26 October 2021
26 October 2021, Comments Komentar Dinonaktifkan pada KEGIATAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT OLEH DOSEN JURUSAN THP – FTP UB DI HOME INDUSTRY SAMBAL PECEL MBAK ESTI KOTA MALANG

Tim Dosen Jurusan Teknologi Hasil Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian Univer-sitas Brawijaya yang terdiri atas 5 orang yaitu Prof. Dr. Teti Estiasih, Ella Saparianti, MP., M. Nurcholis, PhD, Jaya Mahar Maligan, MP. dan Rhytia Ayu Christianty P, MSc telah melaksanakan kegiatan pengabdian pada masyarakat di Home Industry Sambal Pecel “Mbak Esti” Kota Malang. Kegiatan ini terlaksana melalui pendanaan Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya Malang.

Mitra pengabdian masyarakat pada kegiatan ini adalah Home Industry Mbak Esti yang berlokasi di Jl. Saxophone Kota Malang, bergerak di bidang pengolahan dan pemasaran sambel pecel. Mitra masih mempunyai permasalahan pada tidak konsistennya tekstur kacang giling diakibatkan karena masih menggunakan jasa giling di pasar sehingga kualitas sambal pecelnya kurang bisa dikendalikan. Permasalahan selanjutnya adalah masa simpan produk yang singkat, dimana sambal pecel hanya bertahan satu bulan saja, tidak berjamur namun mengalami perubahan rasa dan aroma. Oleh karena itu, dilaksanakan melakukan introduksi teknologi mekanis berupa penggilingan kacang menggunakan mesin giling kacang dan pengemasan vakum sehingga dapat meningkatkan kualitas dan umur simpan produk.

Kegiatan pengabdian masyarakat berjalan dengan lancar, introduksi mesin giling mampu mempertahankan kualitas sambel pecel yang dihasilkan, dengan konsistensi tekstur sambal pecel yang seragam. Pengemasan vakum diharapkan dapat meningkatkan masa simpan sambal pecel. Selain itu dilaksanakan perbaikan label kemasan menyesuaikan peraturan BPOM terkait label pangan olahan. Untuk meningkatan pengetahuan mengenai produk pangan olahan, dilakukan penyuluhan dan pendampingan terkait Good Manufacturing Practices (GMP) / Cara Produksi Pangan yang Baik (CPPB) dan Keamanan Pangan.